Untuk guru madrasah, pada pelajaran agama tidak menggunakan CP PAI dari Kemdikbud, tetapi menggunakan CP dari Kemenag. PAI dari Kemenag meliputi mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mata pelajaran Akidah Akhlak dan mata pelajaran Fikih.
Tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Demikian pula tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), di madrasah ada tambahan nilai Rahmatan lil'Alamin (P2RA) sehingga disebut P5P2RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin).
1) Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Pada Madrasah
2) Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)
3) Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA)
4) Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajara Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA)
5) Panduan Pengembangan dan Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab
6) Panduan Pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Raudlatul Athfal (RA).
Peserta didik seyogyanya menjadi fokus utama dalam
pembelajaran dan asesmen. Usaha untuk menjadikan peserta didik menjadi
pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan
pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik.
Dalam kaitannya dengan pembelajaran dan asesmen yang
berpusat dan berpihak pada peserta didik perlu adanya panduan bagi pendidik
pada tingkat satuan pendidikan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka pada madrasah
sesuai amanah Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022. Panduan ini
dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran dan asesmen di dalam kelas yang mengacu
pada standar proses dan standar penilaian. Standar proses dan standar penilaian
digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang
efektif dan efisien sehingga mampu untuk mengembangkan potensi, prakarsa,
kemampuan, dan kemandirian peserta didik secara optimal. Selanjutnya,
pembelajaran dan asesmen juga diarahkan untuk memberikan fleksibilitas bagi
pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan salah satu
dokumen panduan implementasi kurikulum merdeka pada madrasah yang diadaptasi
dari buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) yang diterbitkan oleh Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah disesuaikan dengan ciri
kekhasan madrasah. Panduan ini berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang
dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi pembelajaran dan asesmen. Pembelajaran yang dimaksud meliputi
aktivitas dalam merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan
cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sementara asesmen adalah aktivitas
selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan
pembelajaran. Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu
siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu
dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran
yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen
formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.
Berikut link download CP ATP Modul Ajar pelajaran Agama di madrasah:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar